Berita

SMKS KERABAT KITA BUMIAYU SUKSES ADAKAN P5 TEMA KEBEKERJAAN


Bumiayu- P5 atau Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikuler yang sedang ramai digalakan oleh sekolah-sekolah, termasuk SMKS Kerabat Kita Bumiayu. P5 dirancang sebagai upaya untuk mencapai kompetensi dan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Dengan demikian projek ini dilakukan secara fleksibel oleh tiap sekolah baik dari segi muatan, kegiatan, hingga waktu pelaksanaan. Berdasarkan pada analisis kebutuhan, P5 di SMKS Kerabat Kita Bumiayu mengambil 3 tema yaitu Gaya Hidup Berkelanjutan, Kebekerjaan, dan Kearifan Lokal.

Senin, 13 Februari-Senin 20 Februari 2023 SMKS Kerabat Kita Bumiayu melaksanakan kegiatan P5 Tema Kebekerjaan. Kegiatan P5 tersebut mengambil sub tema penerapan budaya kerja di sekolah. Kegiatan tersebut diikuti oleh peserta didik kelas X dari semua konsentrasi keahlian, baik di kampus 1 maupun kampus 2.

Pada hari pertama seluruh peserta didik kelas X dikumpulkan di Halaman Kampus 1 dan Kampus 2 untuk mengikuti arahan terkait tema P5 kebekerjaan yang akan dilaksanakan oleh tim P5. Kegiatan pengarahan tersebut disampaikan oleh Staf kurikulum, Ibu Arifa Amalia, S.Pd., di kampus 1, sedangkan di kampus 2 disampaikan oleh Waka Kurikulum Ibu Ani Safitri S.E.

Setelah mendapatkan pengarahan, peserta didik berkumpul sesuai dengan kelompoknya masing-masing dan menempati ruang pembelajaran P5 yang telah ditentukan. Setelah peserta didik menempati ruangan sesuai dengan kelompoknya, mereka mendapatkan penjelasan materi tentangtujuan proyek, dimensi, sub elemen, alur, mengerjakan asesmen diagnostic, penjelasan materi kesehatan dan keselamatan kerja, mengamati video k3, presentasi LK 1, serta mengerjakan asesmen 1 yang telah disediakan oleh guru pembimbing.

Kegiatan P5 hari kedua, diawali dengan berdoa, tadarus dan melaksanakan sholat duha bersama. Setelah melaksanakan kegiatan awal tersebut peserta didik mengerjakan LK 2, dilanjutkan dengan presentasi dan mengerjakan asesmen 2. Dikarenakan kegiatan P5 tersebut berbarengan dan berhubungan dengan kegiatan kunjungan industri, pada hari hari kedua tersebut juga dijelaskan mengenai tugas asesemen 2-3 yang akan dikerjakan pada saat kunjungan industri. Pada asesmen 2-3 tersebut peserta didik diberikan tugas untuk mengindentifikasi prosedur dan alat keselamatan kerja yang ada di lokasi tujuan dari kunjungan industry serta mendokumentasikannya dalam bentuk video sinematik.

Sementara itu, pada kegiatan P5 hari terakhir peserta didik ditugaskan untuk menyelesaikan asesmen 3 yaitu membuat poster K3 di sekolah secara berkelompok dengan menggunakan aplikasi yang sesuai. Poster yang sudah jadi, kemudian dicetak di teaching factory milik konsentrasi keahlian TKJT yaitu Grapika Printing. Harapannya setelah melaksanakan kegiatan P5 kebekerjaan tersebut peserta didik dapat mencapai elemen mandiri, bernalar kritis, dan bergotongroyong untuk meneapkan budaya k3 di sekolah.