Bumiayu- P5 atau Projek Penguatan Profil
Pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikuler yang sedang ramai digalakan
oleh sekolah-sekolah, termasuk SMKS Kerabat Kita Bumiayu. P5 dirancang sebagai
upaya untuk mencapai kompetensi dan karakter sesuai dengan Profil Pelajar
Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Dengan demikian
projek ini dilakukan secara fleksibel oleh tiap sekolah baik dari segi muatan,
kegiatan, hingga waktu pelaksanaan. Berdasarkan pada analisis kebutuhan, P5 di SMKS
Kerabat Kita Bumiayu mengambil 3 tema yaitu Gaya Hidup Berkelanjutan, Kebekerjaan,
dan Kearifan Lokal.
Senin, 13 Februari-Senin 20 Februari 2023
SMKS Kerabat Kita Bumiayu melaksanakan kegiatan P5 Tema Kebekerjaan. Kegiatan P5
tersebut mengambil sub tema penerapan budaya kerja di sekolah. Kegiatan
tersebut diikuti oleh peserta didik kelas X dari semua konsentrasi keahlian,
baik di kampus 1 maupun kampus 2.
Pada hari pertama seluruh peserta didik
kelas X dikumpulkan di Halaman Kampus 1 dan Kampus 2 untuk mengikuti arahan
terkait tema P5 kebekerjaan yang akan dilaksanakan oleh tim P5. Kegiatan
pengarahan tersebut disampaikan oleh Staf kurikulum, Ibu Arifa Amalia, S.Pd.,
di kampus 1, sedangkan di kampus 2 disampaikan oleh Waka Kurikulum Ibu Ani
Safitri S.E.
Setelah mendapatkan pengarahan, peserta
didik berkumpul sesuai dengan kelompoknya masing-masing dan menempati ruang
pembelajaran P5 yang telah ditentukan. Setelah peserta didik menempati ruangan
sesuai dengan kelompoknya, mereka mendapatkan penjelasan materi tentangtujuan
proyek, dimensi, sub elemen, alur, mengerjakan asesmen diagnostic, penjelasan
materi kesehatan dan keselamatan kerja, mengamati video k3, presentasi LK 1,
serta mengerjakan asesmen 1 yang telah disediakan oleh guru pembimbing.
Kegiatan P5 hari kedua, diawali dengan
berdoa, tadarus dan melaksanakan sholat duha bersama. Setelah melaksanakan
kegiatan awal tersebut peserta didik mengerjakan LK 2, dilanjutkan dengan presentasi
dan mengerjakan asesmen 2. Dikarenakan kegiatan P5 tersebut berbarengan dan
berhubungan dengan kegiatan kunjungan industri, pada hari hari kedua tersebut
juga dijelaskan mengenai tugas asesemen 2-3 yang akan dikerjakan pada saat
kunjungan industri. Pada asesmen 2-3 tersebut peserta didik diberikan tugas
untuk mengindentifikasi prosedur dan alat keselamatan kerja yang ada di lokasi
tujuan dari kunjungan industry serta mendokumentasikannya dalam bentuk video
sinematik.
Sementara itu, pada kegiatan P5 hari
terakhir peserta didik ditugaskan untuk menyelesaikan asesmen 3 yaitu membuat
poster K3 di sekolah secara berkelompok dengan menggunakan aplikasi yang
sesuai. Poster yang sudah jadi, kemudian dicetak di teaching factory milik konsentrasi
keahlian TKJT yaitu Grapika Printing. Harapannya setelah melaksanakan kegiatan
P5 kebekerjaan tersebut peserta didik dapat mencapai elemen mandiri, bernalar
kritis, dan bergotongroyong untuk meneapkan budaya k3 di sekolah.